Nama : Diana
Nim : 170321100051
Tugas : Persepsi Konsumen
Kelas : A
Persepsi
Konsumen
A. Pengertian Persepsi
Persepsi merupakan suatu
proses yang timbul akibat adanya sensasi atau tanggapan yang cepat dari indra
penerima terhadap stimuli dasar
seperti cahaya, warna, dan suara. Menurut Deshpande, Farley, dan Webster (1993)
persepsi adalah proses bagaimana stimuli-stimuli
diseleksi, diorganisasi, dan diinterpretasikan. Sedangkan menurut Stanton et al. (1998) persepsi adalah makna yang
kita pertalikan berdasarkan pengalaman masa lalu, dan rangsangan yang diterima
melalui lima indra. Persepsi memiliki sifat subjektif, karena setiap orang
terhadap suatu objek berbeda-beda. Persepsi dipengaruhi oleh lingkungan sekitar
dan pikiran.
B.
Karakteristik
Stimulus yang Mempengaruhi Persepsi
Karakteristik
iklan dan stimuli pemasaran akan membuat pesan lebih dirasakan konsumen seperti
yang diharapkan oleh pemasar. Karakteristik tersebut dibagi menjadi dua yaitu
sebagai berikut:
1. Sensory
merupakan faktor yang
mempengaruhi bagaimana suatu produk dirasakan dan sangat penting dalam desain
produk. Faktor sensory yaitu
a. Warna, penggunaan warna kemasan produk
membuat konsumen mempunyai persepsi yang bai terhadap produk tersebut.
b. Bau, bau suatu produk menentukan
persepsi konsumen terhadap produk tersebut.
c. Rasa, rasa akan mempengaruhi
persepsi terhadap suatu produk.
2. Struktural
terdiri dari beberapa
faktor yaitu ukuran, posisi, dan kontras.
C. Stimuli Pemasaran dan Persepsi
Konsumen
Stimuli
atau stimulus merupakan bentuk fisik, visual, atau komunikasi verbal yang dapat
mempengaruhi individu. Stimuli terdiri dari dua bentuk yaitu:
1.
Stimuli
Pemasaran
Stimuli
pemasaran adalah komonikasi atau stimuli fisik yang didesain untuk mempengaruhi
konsumen seperti kata-kata, gambar, dan symbol atau melalui stimuli lain yang
diasosiasikan dengan produk seperti harga, took tempat produk dijual, dan
pengaruh pelayanan. Persyaratan yang diperlukan dalam komunikasi stimuli pada
konsumen adalah pengembangan konsep produk. Konsep produk adalah himpunan
manfaat produk yang dapat diarahkan pada kebutuhan yang didefinisikan pada
kelompok konsumen melalui pesan, simbol, dan citra.
2.
Stimuli
Lingkungan Sosial dan Budaya
Stimuli
lingkungan adalah stimuli fisik yang didesain untuk mempengaruhi keadaan
lingkungan. Terdapat dua faktor yang menentukan stimuli akan dirasakan dan
bagaimana stimuli itu dipersepsi, yaitu:
1.
Karakteristik stimulus yang mempengaruhi persepsi yaitu elemen indriawi, dan
elemen structural.
2. Kemampuan
konsumen untuk mendeteksi perbedaan dalam suara, cahaya, bau, atau stimuli
lainnya yang ditentukan oleh tingkat ambang batasnya.
D. Karakteristik Konsumen yang
Mempengaruhi Persepsi
Persepsi
seorang konsumen atas berbagai stimulus yang diterima dipengaruhi karakteristik
masing-masing konsumen yang terbagi menjadi dua yaitu:
1. Membedakan stimulus, terdapat
banyak konsumen yang membedakan merek
produk berdasarkan rasa, tetapi terdapat juga konsumen yang sulit membedakan
merek dengan rasa. Oleh karena itu pemasar sering menggunakan iklan sebagai
cara supaya konsumen mampu membedakan merek.
2. Tingkat ambang batas yaitu
kemampuan konsumen dalam mendeteksi perbedaan seperti cahaya, bau, suara atau
stimuli lain yang dapat ditentukan oleh ambang batasnya.
Sumber: Setiadi, Nugroho J. 2015.
Perilaku Konsumen. Kencana Prenadamedia Group.
Komentar
Posting Komentar